Senin, 04 April 2011

BUTIK BUSANA MUSLIM "MUMTAZA"

BUTIK BUSANA MUSLIM "MUMTAZA"
Oleh : Munif Kholifah Sulistiyoningrum
A. LATAR BELAKANG
Studi kelayakan dalam bisnis sangat dibutuhkan untuk keberhasilan suatu usaha. Apalagi di era globalisasi seperti yang terjadi pada saat ini, pertumbuhan ekonomi seringkali terjadi perubahan. Kita sebagai pebisnis harus selektif dalam membangun suatu bentuk usaha. Banyak sekali pebisnis yang bermunculan dengan segala macam bentuk usaha yang dijalani, namun kebanyakan mereka sulit untuk bertahan selama 5 tahun.
Dengan menggunakan studi kelayakan dan memperhatikan pasar sekarang ini, pertumbuhan butik khususnya butik busana muslim pertumbuhannya semakin menunjukkan prospek yang cemerlang. Butik busana muslim "MUMTAZA" akan menyediakan koleksi busana muslim dengan merk yang menonjolkan sisi feminitas dan terbatas karena busana yang tersedia bukan produk masal artinya tidak ada yang sama satu sama lain. Satu item barang akan menyediakan 3 ukuran dengan motif yang berbeda sehingga memberikan variasi pilihan busana muslim yang tidak akan sama dengan yang lain.
Kami memberikan penawaran terbaik tentang selera kaum perempuan kalangan menengah keatas yang menggunakan busana muslim yang suka tampil cantik dan menarik dengan menggunakan baju-baju dengan model terbaru dan tidak ada yang menyamai serta tampil beda dibandingkan dengan sesamanya.
Jenis produk yang dijual dibutik busana muslim "MUMTAZA" adalah busana muslim untuk kalangan mahasiswa, eksekutif muda dan ibu rumah tangga. Dilengkapi pula dengan aksesoris penunjang antara lain jilbab, sepatu, sandal, tas, dompet dan aksesoris penunjang penampilan lainnya yang memenuhi selera perempuan terhadap busana-busana model terbaru. Bisnis ini tahan krisis, karena memenuhi selera perempuan yang berkaitan dengan kepuasan batinnya.
B. TUJUAN
Penulis mempertimbangkan studi kelayakan yang sebaik-baiknya untuk pelaksanaan usaha butik busana muslim "MUMTAZA" ini. Dengan menggunakan studi kelayakan menjadikan kegiatan usaha ini sangat efektif dalam perencanaan usaha yang akan penulis lakukan, sehingga dapat memperkecil resiko usaha bahkan mungkin memperbesar sumber penghasilan. Karena jika setiap orang dapat memperhatikan sektor-sektor usaha yang ada, terutama butik busana muslim tersebut, usaha akan berjalan dengan lancar, bahkan lebih berkembang dibanding usaha lain yang tidak memperhatikan studi kelayakan yang ada.
Sehingga studi kelayakan yang dibuat bisa menjadi pertimbangan pengaplikasian usaha menjadi layak untuk dilaksanakan atau tidak layak untuk dilaksanakan.

C. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Pendirian butik busana muslim MUMTAZA bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan produk busana muslim serta aksesoris penunjangnya bagi mahasiswa, eksekutif muda dan ibu rumah tangga.
1. Segmentasi pasar.
Batasan usia: 17 - 40 tahun
Sasaran: mahasiswa, ekskutif muda wanita, dan ibu rumah tangga.
Ekonomi: Menengah keatas
Model Pakaian: chic & colorfull.
2. Calon pelanggan potensial
Semua penduduk Ngaliyan yang berjenis kelamin perempuan dan beragama Islam. Karena mereka berpotensi memakai busana muslim. Mahasiswi IAIN yang 100% menggunakan busana muslimah.
3. Konsumen alternatif
Walaupun masyarakat di daerah Ngaliyan adalah target pasar utama, namun tidak tertutup bagi daerah-daerah sekitar jika ingin berbelanja di butik busana Muslim kami yang pada perkembangannya akan menjadi pelanggan kami.
4. Pemasaran
a. Harga
Daftar harga produk menggunakan metode markup di mana setiap produk yang diperoleh akan dinaikkan harga jualnya menjdi 25% - 35% sehingga kami bisa mendapatkan keuntungan.
Daftar harga produk di butik busana muslim "MUMTAZA":
Blus: Rp. 75.000 – Rp. 1.000.000.
Gamis: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
T-shirt muslim: Rp. 45.000 – Rp. 250.000
Blezer: Rp. 250.000 - Rp. 1.000.000
Jaket: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
Celana panjang kain dan jins: Rp. 45.000-Rp. 500.000.
Rok panjang: Rp. 45.000 - Rp. 200.000.
Jilbab: Rp. 25.000 – Rp. 200.000.
Tas: Rp. 75.000 – 500.000.
Dompet: Rp. 25.000 – Rp. 250.000.
Sandal: Rp. 35.000 – Rp. 250.000.
Sepatu: Rp. 80.000 – Rp. 1.000.000.
Aksesoris: Rp. 10.000 – Rp. 200.000.
b. Promosi.
• Dilakukan dengan cara menyebarkan pamflet
• Promosi dari mulut ke mulut
• Memberikan diskon kepada pembeli yang membeli dalam jumlah besar.
• Pada saat grand opening memberikan diskon kepada pelanggan sebesar 10%.
D. ASPEK SUMBERDAYA MANUSIA
Struktur Organisasi :
Pada gerai butik busana muslim "MUMTAZA" dipimpin oleh pemiliknya langsung dan memiliki dua orang karyawan sebagai pramuniaga yang merangkap sebagai kasir.
1. Direktur/pemilik
• Mengatur dan mengambil seluruh keputusan untuk memajukan butik busana muslim "MUMTAZA".
• Mengatur seluruh keuangan, baik uang masuk maupun uang keluar.
• Pemburu busana-busana menarik diberbagai kota, busana-busana tersebut dibeli kemudian dijual kembali dibutiknya.
• Mengawasi kinerja karyawan.
• Memberikan pelayanan terbaik kepada karyawan.
2. Pramuniaga merangkap kasir.
• Menawarkan produk terbaru yang ada di butik kepada pelanggan.
• Membantu pelanggan dalam mencari dan mengepas produk.
• Mengawasi atau menjaga produk agar tidak hilang atau rusak.
• Melayani pembeli melakukan pembayaran.
Kualifikasi tenaga kerja
• Pendidikan minimal SMU/SMK sederajat
• Status single atau belum menikah
• Usia maksimum 24 tahun
• Bisa mengoperasikan komputer
• Ulet dan jujur
• Mudah beradaptasi dan berpenampilan menarik
• Tinggal di sekitar Ngaliyan
Proses Rekrutmen :
• Membuat informasi lowongan pekerjaan melalui pamflet dan dari mulut ke mulut
• Seleksi administrasi. Proses ini menyeleksi seluruh surat lamaran yang masuk dan dipilih orang-orang yang masuk dalam kriteria yang ditentukan.
• Wawancara. Dilakukan untuk mengetahui latar belakang keluarga, pendidikan dan pekerjaan sebelumnya, juga fisik langsung si pelamar. Selain itu untuk mengetahui apa saja yang diinginkan oleh si pelamar dari perusahaan jika ia nanti bergabung.
• Tes ketrampilan. Pelamar yang lolos seleksi administrasi dan wawancara menjalani tes ini agar perusahaan tahu sejauh mana ketrampilan yang dimiliki oleh si pelamar mengenai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan dan kemampuan mengoperasikan komputer.
• Penandatanganan kontrak. Bagi pelamar yang sudah lolos seluruh penyeleksian dan diterima bekerja segera datang dan melaporkan diri untuk penandatanganan kontrak.
• Kompensasi. Sebagai kompensasi atas kerja dari karyawan kami memberikan gaji sebesar Rp. 1.000.000 perbulan.
E. ASPEK TEKNIS
1. Disain produk.
Seluruh produk yang ada di butik busana muslim "MUMTAZA" tidak kami produksi sendiri, tapi kami mencari produk sesuai dengan tema butik kami. Ada juga beberapa produk yang dibuat oleh desainer namun desainnya berasal dari kami. Walaupun tidak memproduksi sendiri produk-produk kami, tapi tetap menjaga kualitas produk agar tidak mengecewakan konsumen. Butik kami akan menonjolkan keseluruhan produk dengan warna-warna yang cerah, hitam dan putih. Produk kami tidak bersifat masal, jadi satu jenis produk hanya memiliki tiga jenis ukuran dengan warna yang berbeda. Contoh produk yang kami tawarkan antara lain:
1. Aneka Baju Muslimah dan Jilbab


2. Aneka jenis Tas

3. Aneka jenis sepatu

2. Quality control.
Walaupun kita tidak membuat atau memproduksi sendiri produk-produk kami namun saat kita membeli atau memesan produk dari disainer, kami selalu memperhatikan kualitas bahan yang digunakan dan memperhatikan kerapian jahitan.
3. Lokasi usaha.
Butik busana muslim "MUMTAZA" berlokasi di daerah Ngaliyan Semarang tepatnya di ruko Ngaliyan Square Jl. Prof. Hamka, KM1 Ngaliyan Semarang. Dengan memperhatikan beberapa faktor:
• Faktor pertama, karena di Ngaliyan banyak terdapat perumahan dengan mayoritas penduduk beragama Islam sehingga mereka berpotensial memakai busana muslim.
• Faktor kedua, terdapat perguruan tinggi Islam Negeri yang 100% mahasiswinya menggunakan busana muslimah.
• Faktor ketiga, belum banyak butik busana muslim di sekitar Ngaliyan.
• Faktor keempat, karena harga sewa ruko di daerah Ngaliyan masih terjangkau.
• Faktor kelima, di daerah Ngaliyan relatif aman.
• Faktor keenam, transportasi mudah karena berada di pinggir jalan raya yang dilewati oleh semua angkutan umum.




4. Layout ruang butik











































F. ASPEK HUKUM
1. Bentuk usaha.
Setelah mempertimbangkan skala usaha dan tujuan pendirian organisasi maka diputuskan bahwa usaha kami termasuk usaha dagang (UD).
2. Anggaran dasar dan anggraran rumah tangga (AD/ART).
Untuk mengatur kehidupan UD pada masa yang akan datang maaka perlu disusun suatu anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang tercantum dalam akta notaris pendirian butik busana muslim "MUMTAZA". Contoh dari salah satu prinsip AD/ART nya adalah:
Nama perusahaan: UD. MUMTAZA
Tempat kedudukan: Ruko Ngaliyan Square jl. Prof. Hamka km 1. Ngaliyan.

Landasan Hukum: Pancasila
Tujuan: Mendirikan butik
Fungsi: Memberi kontribusi positif dalam perekonomian Indonesia
Bidang Usaha: Butik busana muslim
Tahun buku: 1 Januari -31 Desember.
Modal usaha: Modal Pribadi.

AD/ART secara lengkap dan terperinci akan tercantum dalam akta notaris pendirian.
3. Prosedur perijinan.
Untuk mendapatkan legalitas usaha dokumen yang digunakan sebagai berikut:
• SIUP
• TDUP, surat ijin tanda daftar usaha perdagangan
• NPWP
• Surat keterangan domisili
• Akta notaris
4. Lembaga / Departemen / Instansi yang terkait dengan perusahaan:
• Deperindag
• Kantor pajak
• Kantor kelurahan Ngaliyan
• Kantor kecamatan Ngaliyan
G. ASPEK EKONOMI DAN KELAYAKAN FINANSIAL
Investasi awal :
Biaya sewa tempat usaha Rp. 13.000.000
Biaya renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000
Beli meja kursi administrasi Rp. 1.000.000
Beli komputer Rp. 2.000.000
Beli rak dan etalase Rp. 7.000.000
Beli produk untuk modal usaha awal Rp. 75.000.000
Total Rp. 100.000.000

Biaya operasional :
Biaya telpon Rp. 250.000
Biaya listrik dan air Rp. 250.000
Biaya transportasi Rp. 1.000.000
Biaya tenaga kerja 2 X Rp. 1.000.000 Rp. 2.000.000
Biaya promosi Rp. 200.000
Biaya grand opening Rp. 1.000.000
Biaya beli produk untuk bulan depan 80% X Rp. 60.000.000 Rp. 48.000.000
Total Rp. 52.700.000

Pendapatan perbulan berdasarkan target :
Penjualan produk perhari Rp. 2.000.000
Penjualan produk perbulan
30 X Rp. 2.000.000 Rp. 60.000.000

Data-data lainnya:
1. Penyusutan menggunakan metode garis lurus.
2. Usia ekonomis perlengkapan butik 3 tahun.
3. Tiap tahun pendapatan naik 5%.
4. Tiap tahun FC dan VC naik 10%.
5. Pajak 10% dan Df. 12%.
Langkah-langkah:
A. Menyusun rencana estimasi arus kas, meliputi:
1. Menyusun data investasi awal
2. Menentukan depresiasi/penyusutan
3. Menyusun arus kas
B. Membuat penilaian investasi, meliputi:
1. PBP
2. NPV
3. PI
A.1. Menyusun data investasi awal
Biaya sewa tempat usaha Rp. 13.000.000
Biaya renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000
Beli meja kursi administrasi Rp. 1.000.000
Beli komputer Rp. 2.000.000
Beli rak dan etalase Rp. 7.000.000
Beli produk untuk modal usaha awal Rp. 75.000.000
Total Rp. 100.000.000
A.2. Depresiasi/penyusutan
Semua investasi awal kecuali biaya sewa tempat usaha.
( 2.000.000 + 1.000.000 + 2.000.000 + 7.000.000 + 75.000.000 ) : 3 = 87 : 3 = Rp. 29.000.000

A.3. Menyusun arus kas
Uraian Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3
Pendapatan 720.000.000 756.000.000 793.800.000
FC 25.000.000 27.500.000 30.250.000
VC 596.400.000 656.040.000 721.644.000
Depresiasi 29.000.000 29.000.000 29.000.000
EBIT 69.600.000 43.460.000 12.906.000
TAX 6.960.000 4.346.000 1.290.600
Net Income 62.640.000 39.114.000 11.615.400
Cash Flow 91.640.000 68.114.000 40.615.400

B.1. Penilaian investasi metode PBP
Tahun CF Df=12% PV CF Akumulatif
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66 136.121.490,1
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41 165.030.719,5

PBP = 1 tahun + 100.000.000 – 81.821.690,4
54.299.799,66

PBP = 1 tahun + 18.178.309,6
54.299.799,66

PBP = 1 tahun + 0,334 tahun
PBP = 1 tahun + 4 bulan + 2 hari



B.2. Penilaian investasi metode NPV
Tahun CF Df=12% PV CF
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41
Total PVCF 165.030.719,5
Investasi awal 100.000.000
NPV 65.030.719,5







Karena NPV > 0 = maka proyek layak secara bisnis
B.3. Penilaian investasi metode PI
Tahun CF Df=12% PV CF
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41

Total PV CF 165.030.719,5
Investasi awal 100.000.000
PI 1,650

Karena PI > 1 = maka proyek layak secara bisnis



OO00OO

2 komentar: